Sabtu, 01 Agustus 2009

Proyeksi Mollweide



Mollweide yang merupakan pseudocylindrical proyeksi di mana khatulistiwa dilambangkan sebagai garis lurus horisontal tegak lurus ke pusat meridian satu setengah-nya panjang. Lain parallelskompres di dekat tiang, sementara yang lain sama meridians spasi di khatulistiwa. Meridians di 90 derajat di timur dan barat membentuk sebuah lingkaran sempurna, dan seluruh bumi digambarkan dalam proporsional 2:1 elips. Proporsi kawasan yang elips antara setiap paralel dan khatulistiwa sama dengan proporsi kawasan di dunia dan di antara yang sejajar khatulistiwa, namun mengorbankan bentuk distorsi yang signifikan di pelosok, walaupun tidak parah seperti padaproyeksi sinusoidal.

Bentuk distorsi Mei dikecilkan dengan menggunakan versi yang terputus. J sinusoidal terputusMollweide proyeksi discards pusat meridian dalam nikmat dari alternating setengah meridians yang menghentikan di sudut kanan ke khatulistiwa. Ini mempunyai efek yang membagi dunia ke dalam bentuk lobes. Sebaliknya, yang paralel Mollweide terputus proyeksi menggunakan beberapa menguraikan meridians pusat, memberikan efek beberapa ellipses bergabung di khatulistiwa. Lebih jarang, proyek dapat ditarik ke shift obliquely bidang distorsi ke lautan, mengizinkan benua tetap benar untuk membentuk.

The Mollweide, atau properti, telah terinspirasi penciptaan beberapa proyeksi lainnya, termasuk Goode's homolosine, van der Grinten dan Boggs Eumorphic. [2]

[Sunting]Referensi

Proyeksi yang Mollweide adalah proyeksi peta pseudocylindrical biasanya digunakan untuk global peta dunia (atau langit). Juga dikenal sebagai Babinet proyeksi, proyeksi homolographic, atau berbentuk bulat panjang proyeksi.Lebih eksplisit sebagai nama daerah Mollweide sama proyeksi menunjukkan, ia korban ke sudut kesetiaan dan kebaikan dalam bentuk gambaran yang akurat dari daerah. Digunakan terutama di mana akurat perwakilan daerah mengambil diutamakan daripada bentuk, misalnya peta kecil depicting distribusi global.

Proyeksi pertama kali diterbitkan oleh matematika dan astronomer Karl (atau Carl) BRANDAN Mollweide (1774 - 1825) dari Leipzig pada 1805 sebagai perbaikan atasproyeksi Mercator. Ia oleh Jacques Babinet populer di 1857, ia memberi namahomalographic proyeksi. [1]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar